First blog post

halo semua!! ini satu blog pertama saya yang saya buat!! isinya soal IPA yang terkadang bikin kepala kalian pusing kok.. agar tidak pusing, ayo kita coba belajar sambil merelaxkan pikiran.

oh ya, pertama tama saya mau perkenalan dulu nih… nama saya jacko, kalau sekarang saya berumur 11 tahun. saya lahir 14 November 2006. jadi, dapat disimpulkan sekarang saya kelas 6 SD. kebetulan saya sekolah di SD palm kids cabang Prabumulih, SumSel. jadi jika kalian warga kota Prabumulih, main main ya kerumahku.. 😀 rumahku ada di jalan Jendral sudirman no. 157 Prabumulih Utara. nama kedua orang tuaku adalah Antonny dan Henny Chandra. aku punya 2 saudara, keduanya perempuan. ada yang bernama jennifer gracia, dan jeslyn gracia. kalian bisa panggil mereka yen yen dan sin sin.

bisa dibilang, dalam sekolah aku anak yang baik, dan ramah, juga pintar. dan aku membuat blog ini karena aku sangat sangat tertarik dengan pelajaran IPA. jadi semoga saja kalian suka dengan blogku ini. semoga bermanfaat ya guys..

Iklan

3 jenis simbiosis

HALO SEMUA!! MEMBAHAS SOAL SIMBIOSIS YANG ADA, TAUKAH KAMU APA ITU SIMBIOSIS?? SIMBIOSIS ADALAH HUBUNGAN ANTAR 2 MAKHLUK HIDUP. LALU SEPERTI JUDUL DIATAS, APAKAH JENIS JENISNYA?? OK, CHECK THIS OUT GUYS!!

YANG PERTAMA NAMANYA SIMBIOSIS MUTUALISME, YAITU HUBUNGAN ANTAR 2 MAKHLUK HIDUP YANG SALING MENGUNTUNGKAN. CONTOHNYA APA SIH?? CONTOHNYA KERBAU DAN BURUNG JALAK. SEPERTI YANG KALIAN KETAHUI, KUTU PALING SUKA DENGAN BADAN KERBAU. DAN MAKANAN BURUNG JALAK SENDIRI ADALAH KUTU. LALU HUBUNGANNYA SENDIRI ADALAH KUTU YANG MENGHINGGAPI KERBAU DIMAKAN OLEH BRUNG JALAK.

 

JADI KERBAU TIDAK MERASA GATAL DAN BURUNG JALAK MENDAPAT MAKANAN..

kerbau-burung-jalak
kerbau dan burung jalak

  YANG KEDUA NAMANYA SIMBIOSIS KOMENSALISME. TAUKAH ANDA APAKAH SIMBIOSIS INI?? YA, SIMBIOSIS INI ADALAH PENGUNTUNG SATU PIHAK DAN SATU PIHAK LAIN TIDAK DIRUGIKAN. BERARTI ADA NILAI PLUS TUH.. +++ CONTOHNYA ADALAH IKAN HIU DAN IKAN REMORA. IKAN REMORA ADALAH IKAN YANG SENANTIASA BERADA DIATAS TUBUH IKAN HIU YANG SEDANG BERENANG. TUJUANNYA APA YA?? AGAR IKAN REMORA MENDAPAT SISA MAKANAN IKAN HIU. DENGAN DEMIKIAN, IKAN REMORA MENDAPAT MAKANAN, DAN IKAN HIU TIDAK DIRUGIKAN.

 

ikan hiu dan ikan remora

YANG KETIGA NAMANYA SIMBIOSIS PARASITISME. SIMBIOSIS INI ADALAH SIMBIOSIS YANG MENGUNTUNGKAN SATU PIHAK, TAPI MERUGIKAN PIHAK LAINNYA. JADI SANGAT SAKIT KALAU JADI YANG DIRUGIKAN.. CONTOHNYA MANUSIA DENGAN KUTU.. HATI HATI BUAT YANG BANYAK KUTU.. JADI, MANUSIA AKAN DIBUAT GATAL OLEH KUTU, TETAPI KUTU MEDAPATKAN MAKANAN, YAITU DARA MENUSIA. CONTOH LAINNYA ADALAH BENALU DAN TUMBUHAN INANGNYA. BENALU MENYERAP SARI SARI MAKANAN DARI TUMBUHAN INANGNYA SEHINGGA TUMBUHAN INANG CEPAT MATI.

benalu-dan-tumbuhan-inangnya-e1510839501337.jpg
benalu dan tumbuhan inangnya

ya, kira kira begitulah simbiosis simbiosis yang ada. kalau ingin tau lebih lanjut, silahkan cari di laman laman lainnya ya guys. ikuti terus ya blog ini guys. see you next time..

bagian bagian tumbuhan

halo sobat setia pelajar IPA!! hari ini saya ingin membagikan kalian satu materi yang tentunya tidak asing lagi di telinga kita. kita mempelajari materi ini kelas 4, 5, dan 6 loh. ada yang tau???

ya, materi itu adalah bagian bagian tumbuhan dan fungsinya. tumbuhan kerap dapat dimanfaatkan manusia sebagai pangan, dan sandang. lalu tidak salahkan jika kita membahasnya hari ini!!

  1. bagian tumbuhan yang pertama adalah akar. kalian pasti tau dengan bagian yang satu ini. bagian ini adalah bagian yang menyerap air dari dalam tanah. tidak hanya itu, pada umbi umbian, akar menjadi tempat cadangan makanan bagi tumbuhan. dan pada tanaman bakau, akar dapat membantu penyerapan oksigen. ternyat sangat banyak yang fungsi akar sehingga akar menjadi komponen penting pada tumbuhan. cobalah kalian tanam tanaman tapi potong akarnya, dapatkah tanaman itu hidup?? meskipun diberi air secara teratur dan sesuai takaran, dan sinar matahari yang cukup, serta dirawat sedemikian rupa, kalau tidak ada akar, tanaman itu cepat mati loh.. saat itu di sekolah, saya disuruh membawa lidah buaya untuk ditanam, dan kelalaian saya adalah saya mencabut lidah buayanya saja tanpa akarnya. sehingga saat ini, lidah buaya itu tidak tumbuh, dan sudah mati. jadi, jangan lupa sertakan akar pada tumbuhan ya guys... akar terbagi menjadi dua loh guys, ada akar serabut dan akar tunggang. akar serabut adalah akar yang memiliki satu akar lurus panjang yang menembus tanah, serta akar akar kecil disekelilingnya. akar serabut adalah akar yang berambut rambut serta tidak memiliki akar inti. itulah perbedaan kedua akarnya. untuk pelajaran lebih lanjut mengenai akar, kalian bisa cek di                                                                                                                                                                       http://www.ebiologi.com/2016/01/jenis-jenis-akar.html
    akar.jpg
    akar tunggang dan akar serabut

    p-e1510983489600.jpg

  2. bagian tumbuhan yang kedua adalah batang. fungsi batang ada banyak. menopang tumbuhan, mengalirkan zat makanan ke seluruh bagian tumbuhan, sebagai tempat daun dan bunga tumbuh, Memperluas tajuk tumbuhan untuk efisiensi penangkapan cahaya matahari, Efisiensi penyerbukan dan membantu pemencaran benih, Pada tumbuhan tertentu, sebagai tempat penyimpanan makanan cadangan, misalnya berupa umbi atau rimpang, dan masih banyak lagi. tentang jenis jenis batang, terbagi menjadi lima, yakni batang kayu (pohon dan semak), batang basah, dan batang rumput, dan batang mendong. batang kayu (berupa pohon) adalah batang yang kokoh dan kering, contohnya pohon jati. batang kayu (berupa semak) contohnya sidoguri. batang basah adalah batang yang sedikit basah dan lembek, contohnya pohon pisang. batang rumput adalah batang yang ciri cirinya sama seperti rumput, mudah pata dan kecil, contohnya padi. dan batang mendong ialah batang yang mirip dengan seperti rumput, namun ruasnya pada batang tersebut lebih panjang. Misalnya ialah, batang pada tumbuhan wlingi. ternyata banyak juga fungsi batang. batang juga menjadi komponen penting dalam sebuah tumbuhan loh.. untuk lebih luas lagi, aku kasih ni linknya                                                                     http://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-fungsi-jenis-dan-struktur-batang-terlengkap/
sssss.PNG
batang kayu (pohon dan semak), batang mendong, batang basah, batang rumput

3. yang ketiga bagiannya namanya daun.

berfungsi sebagai tempat berlangsungnya proses fotosintesis. Daun banyak mengandung zat warna hijau (klorofil).
Daun terdiri atas tangkai daun dan helaian daun. Disamping bagian-bagian tersebut, ada beberapa jenis tumbuhan yang mempunyai pelepahpada daunnya.. Berdasarkan susunannya, daun mempunyai susunan tulang daun, yaitu;
a) Tulang Daun Menyirip:
tersusun rapi mulai dari tangkai daun hingga ujung helai dauncontoh; daun mangga dan daun jambu.
b) Tulang Daun Menjari:
pada daun singkong (satu tulang daun besar dan bentuk daunnyapun berbentuk seperti jari). Daun pepaya dan daun jarak memiliki bentuk tulang daun menjari seperti singkong.
c) Tulang Daun Sejajar:
berbentuk seperti garis-garis sejajar mulai dari pangkal daun hingga ujung daun. Biasanya bentuk daunnya panjang-panjang. Contohnya, jagung, tebu,padi, dan alang-alang.
d) tulang daun melengkung:
bentuknya seperti garis-garis lengkung. Ujung-ujung tulang daun melengkung terlihat menyatu. Contohnya adalah daun sirih dan daun genjer.
tulang daun.jpg
tulang daun
untuk lebih lanjut, silahkan buka                                                                                                                                                 http://kir-31.blogspot.co.id/2011/02/penjelasan-tentang-daun-bentuk-daun.html

 

bagian tumbuhan 2

hai semuanya!! ini merupakan pelajaran lanjutan dari bagian tumbuhan yang aku ajarkan kepada kalian kemarin guys.. kemarin kita sudah membahas tentang akar, daun, dan batang. dan hari ini kita akan membahas soal bunga, dan buah. ayo liat penjelasannya lebih detil lagi..

4. bunga

bunga adalah alat perkembang biakan tumbuhan berbiji tertutup. bunga terbagi menjadi 2 jenis, yakni bunga sempurna dan bunga tidak sempurna. bunga sempurna adalah bunga yang memiliki semua bagian. saya sebutkan sekalian berikan fungsinya ya.. 😀

  • tangkai bunga: untuk menopang bunga dan menyambung bunga dan ranting
  • kelopak bunga: melindungi mahkota bunga saat masih kuncup.
  • mahkota bunga: menarik perhatian serangga dengan warnanya yang mencolok.
  • benang sari: terdiri dari kepala sari dan tangkai sari berfungsi sebagai alat kelamin jantan
  • putik: sebagai alat kelamin betina yang berada di tengah tengah benang sari. terdiri dari kepala sari dan tangkai sari
  • dasar bunga: sebagai tempat kedudukan bunga

nah, kalau bunga tidak sempurna, memiliki hanya bagian bagian tertentu saja guys.

rupanya jenis bunga gak cuma itu lho guys, ketika dikutip, saya menemukan 3 jenis bunga menurut alat perkembang biakannya guys, yakni:

  • bunga jantan: bunga yang hanya memiliki benang sari
  • bunga betina: bunga yang hanya memiliki putik
  • bunga hermafrodit: bunga yang hanya memiliki benang sari dan putik, tanpa bagian lain.

nah itulah semua catatan lengkap tentang bunga guys… by the way, kalian melihatkan ada kata “setelah dikutip”?? ya, biar kalian tau dimana saya mengutipnya, langsung aja kita liat ya, kebetulan, disitu juga ada pembahasan seputar bagian tumbuhan lainnya..

https://boniusd.blogspot.co.id/p/pengertian-bunga.html?showComment=1511176286255

bjbb
bunga jantan betina
bb.jpg
bunga hermafrodit

5. buah

ya, ini merupakan bagian paling terakhir dalam catatan bagian tumbuhan lho guys.

ya, Buah adalah organ pada tumbuhan berbunga yang merupakan perkembangan lanjutan dari bakal buah (ovarium). Buah biasanya membungkus dan melindungi biji. Aneka rupa dan bentuk buah tidak terlepas kaitannya dengan fungsi utama buah, yakni sebagai pemencar biji tumbuhan.

Pengertian buah dalam lingkup pertanian (hortikultura) atau pangan adalah lebih luas daripada pengertian buah di atas dan biasanya disebut sebagai buah-buahan. Buah dalam pengertian ini tidak terbatas yang terbentuk dari bakal buah, melainkan dapat pula berasal dari perkembangan organ yang lain. Karena itu, untuk membedakannya . buah yang sesuai menurut pengertian botan biasa disebut buah sejati.

Buah seringkali memiliki nilai ekonomi sebagai bahan pangan maupun bahan baku industri karena di dalamnya disimpan berbagai macam produk metabolisme tumbuhan, mulai dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, alkaloid, hingga terpena dan terpenoid. Ilmu yang mempelajari segala hal tentang buah dinamakan pomologi.

Pembentukan buah

Buah adalah pertumbuhan sempurna dari bakal buah (ovarium). Setiap bakal buah berisi satu atau lebih bakal biji (ovulum), yang masing-masing mengandung sel telur. Bakal biji itu dibuahi melalui suatu proses yang diawali oleh peristiwa penyerbukan, yakni berpindahnya serbuk sari dari kepala sari ke kepala putik. Setelah serbuk sari melekat di kepala putik, serbuk sari berkecambah dan isinya tumbuh menjadi buluh serbuk sari yang berisi sperma. Buluh ini terus tumbuh menembus tangkai putik menuju bakal biji, di mana terjadi persatuan antara sperma yang berasal dari serbuk sari dengan sel telur yang berdiam dalam bakal biji, membentuk zigot yang bersifat diploid. Pembuahan pada tumbuhan berbunga ini melibatkan baik plasmogami, yakni persatuan protoplasma sel telur dan sperma, dan kariogami, yakni persatuan inti sel keduanya.

Setelah itu, zigot yang terbentuk mulai bertumbuh menjadi embrio (lembaga), bakal biji tumbuh menjadi biji, dan dinding bakal buah, yang disebut perikarp, tumbuh menjadi berdaging (pada buah batu atau drupa) atau membentuk lapisan pelindung yang kering dan keras (pada buah geluk atau nux). Sementara itu, kelopak bunga (sepal), mahkota (petal), benangsari (stamen) dan putik (pistil) akan gugur atau bisa jadi bertahan sebagian hingga buah menjadi. Pembentukan buah ini terus berlangsung hingga biji menjadi masak. Pada sebagian buah berbiji banyak, pertumbuhan daging buahnya umumnya sebanding dengan jumlah bakal biji yang terbuahi.

Dinding buah, yang berasal dari perkembangan dinding bakal buah pada bunga, dikenal sebagai perikarp (pericarpium). Perikarp ini sering berkembang lebih jauh, sehingga dapat dibedakan atas dua lapisan atau lebih. Yang di bagian luar disebut dinding luar, eksokarp (exocarpium), atau epikarp (epicarpium); yang di dalam disebut dinding dalam atau endokarp (endocarpium); serta lapisan tengah (bisa beberapa lapis) yang disebut dinding tengah atau mesokarp (mesocarpium).

Pada sebagian buah, khususnya buah tunggal yang berasal dari bakal buah tenggelam, kadang-kadang bagian-bagian bunga yang lain (umpamanya tabung perhiasan bunga, kelopak, mahkota, atau benangsari) bersatu dengan bakal buah dan turut berkembang membentuk buah. Jika bagian-bagian itu merupakan bagian utama dari buah, maka buah itu lalu disebut buah semu. Itulah sebabnya menjadi penting untuk mempelajari struktur bunga, dalam kaitannya untuk memahami bagaimana suatu macam buah terbentuk.

Tipe-tipe buah

 

  • buah tunggal, yakni buah yang terbentuk dari satu bunga dengan satu bakal buah, yang berisi satu biji atau lebih.
  • buah ganda, yakni jika buah terbentuk dari satu bunga yang memiliki banyak bakal buah. Masing-masing bakal buah tumbuh menjadi buah tersendiri, lepas-lepas, namun akhirnya menjadi kumpulan buah yang nampak seperti satu buah.
  • buah majemuk, yakni jika buah terbentuk dari bunga majemuk. Dengan demikian buah ini berasal dari banyak bunga (dan banyak bakal buah), yang pada akhirnya seakan-akan menjadi satu buah saja.

Buah kering

Buah kering selanjutnya dibedakan atas buah yang tidak memecah (indehiscens) dan yang memecah (dehiscens).

  1. yang tidak memecah: buah padi, gurung, geluk atau keras
  2. yang memecah: buah berbelah, kendaga, kotak
  3. buah bumbung
  4. buah polong
  5. buah lobak

Buah berdaging

terbagi menjadi 5, yaitu

  1. buah buni
  2. buah mentimun
  3. buah jeruk
  4. buah batu
  5. buah delima

Buah ganda

Buah berganda adalah buah yang terbentuk dari satu kuntum bunga yang memiliki banyak bakal buah. Tiap-tiap bakal buah itu tumbuh menjadi buah yang tersendiri, lepas-lepas, namun akhirnya menjadi kumpulan buah yang nampak seperti satu buah. Sesuai dengan bentuk-bentuk buah penyusunnya, maka dikenal beberapa macam buah berganda. Misalnya:

  • buah kurung berganda, misalnya pada buah mawar (Rosa).
  • buah bumbung berganda, misalnya pada cempaka (Michelia).
  • buah buni berganda, misalnya pada sirsak (Annona).
  • buah batu berganda, misalnya pada murbei (Morus).

Buah majemuk

Buah majemuk adalah buah hasil perkembangan bunga majemuk. Dengan demikian buah ini berasal dari banyak bunga (dan banyak bakal buah), yang tumbuh sedemikian sehingga pada akhirnya seakan-akan menjadi satu buah saja. Dikenal pula beberapa macam buah majemuk, di antaranya:

  • buah padi majemuk, misalnya jagung (Zea). Tongkol jagung sebetulnya berisi deretan buah-buah jagung, bukan biji jagung.
  • buah kurung majemuk, misalnya buah bunga matahari (Helianthus).
  • buah buni majemuk, misalnya buah nanas (Ananas).
  • buah batu majemuk, misalnya buah pandan (Pandanus), pace (Morinda).

Buah tak berbiji

Keadaan tak berbiji merupakan salah satu ciri penting buah-buahan komersial. Kultivar-kultivar pisang dan nanas adalah contohnya. Demikian pula, buah-buah jeruk, anggur, dan semangka dari kultivar tak berbiji umumnya dihargai lebih mahal. Keadaan tak berbiji demikian biasa pula disebut sukun.

Pada sejumlah spesies, keadaan tak berbiji merupakan hasil dari partenokarpi, yakni proses pembentukan buah tanpa terjadinya pembuahan sebelumnya. Buah partenokarpi bisa terbentuk dengan atau tanpa peristiwa penyerbukan. Kebanyakan kultivar jeruk sukun memerlukan penyerbukan untuk proses pembentukannya; namun pisang dan nanas tidak memerlukannya. Sementara itu, keadaan tak berbiji pada anggur sebetulnya terjadi karena matinya atau tidak tumbuhnya embrio (dan biji) yang dihasilkan oleh pembuahan, keadaan yang dikenal sebagai stenospermokarpi, yang memerlukan proses penyerbukan dan pembuahan secara normal.

buah

aku susah ngerti sejauh ini. kalian baca aja sendiri di

https://id.wikipedia.org/wiki/Buah

siapa tau ada yang ngerti..

terimakasih untuk perhatiannya, semoga membantu!!